top of page

KISAH NONA MATAHARI


“Everyone Pretend To Be Normal”

Apa arti ikhlas? Buat saya artinya melepaskan dengan satu tarikan nafas berat. Berdamai dengan kegagalan. Lalu mencari hikmah untuk bisa bangkit lagi. Hmmm… Kebayang ngak? Haha… Saya suka rada sulit menjelaskan soal perasaan. Tapi gambaran terbaik bisa kamu tonton di Little Miss Sunshine. Film terbaik yang mengajarkan soal ikhlas. Lucu karena justru film asal barat yang bikin saya paham soal ikhlas. Bukannya film bergenre rohani.

Film itu mengangkat kehidupan satu keluarga, Hoover. Mereka punya mimpi, punya keinginan. Tapi sekaligus mereka harus belajar untuk kecewa. Meskipun sebelumnya sudah berusaha keras. Sang ayah, Richard adalah penulis buku motivasi. Dia sangat yakin kalau bukunya bakal laris. Dia bahkan terpengaruh dengan bukunya sendiri. Membuatnya menolak membicarakan kegagalan di dalam rumah. Bahkan ketika sang istri, Sheryl, berpikir kalau anak-anak mereka perlu diberi pengetahuan tentang rasanya ‘sakit’.

Richard menghargai perjuangan anak laki-lakinya Dwayne yang puasa bicara sebagai sebuah nazar agar dia bisa diterima di sekolah penerbangan. Meskipun alasannya untuk menolak bicara juga disebabkan karena dia muak dengan keluarganya, yang dia pikir tidak sempurna. Dia juga sangat mendukung si kecil Olive yang sangat ingin memenangkan lomba kecantikan untuk anak kecil, Little Miss Sunshine.

Sebaliknya, Richard tidak menyukai sang paman, Frank Ginsberg dan si kakek, Edwin, yang dia pikir pecundang. Tak lain karena Frank mengaku gay dan mencoba bunuh diri karena patah hati. Dan sang kakek yang penyayang tapi merasa hidupnya sudah cukup lama, hingga di sisa umurnya dia hanya ingin melakukan hal menyenangkan. Seperti menikmati majalah porno atau menghisap ganja.

Demi mendukung Olive mencapai mimpinya, keluarga Hoover pergi jauh melintasi negara dengan VW kuning tua mereka. Perjalanan sederhana ke acara kontes kecantikan itu berlangsung rumit. Mereka harus berdamai dengan satu per satu kekecewaan dan kegagalan. Sang kakek yang meninggal akibat OD, sang paman yang tidak sengaja harus bertemu dengan mantan pacarnya yang sudah bahagia dengan orang lain.

Dwayne yang kemudian sadar kalau dia buta warna dan harus menerima kenyataan kalau dia tidak bisa jadi penerbang. Richard harus kecewa kalau proyek bukunya tidak berjalan baik. Olive kecil harus terima kalau dia tidak dinobatkan sebagai Miss Sunshine meskipun sudah berusaha keras. Dan tentunya Sheryl yang berpikir kalau dia bukan ibu yang cukup baik dan istri yang beruntung secara finansial.

Namun pada akhirnya, mereka memilih berdamai dengan kekalahan dan kekecewaan yang menerpa mereka. Proses tersebut menjadi lebih mudah karena meskipun dalam keadaan sulit, mereka bisa tetap aman dalam keluarga. Mereka menunjukkan betapa keluarga adalah ikatan yang tidak akan luntur meskipun semesta tidak mendukung. Betapapun tidak normalnya mereka.

Hal yang menarik dari film ini, meskipun masing-masing karakter punya masalah. Dan tidak diakhir dengan bahagia. Namun semua itu dikisahkan dengan cara yang kocak dan ringan. Terlebih didukung dengan musik latar yang indah gubahan Devotcha. Membuat saya semakin terhanyut. Saya belajar banyak dari film ini. Very Recommended

“Orang yang kalah adalah mereka yang tidak pernah berusaha dan mencoba”

( Si Kakek, Edwin Hoover)

Leave feedback
Recent Posts
bottom of page